cara mengobati sakit perut
Health

Agar Tak Bingung, Kenali Penyebab Sakit Perut Bagian Tengah

Sakit perut bagian tengah dapat disebabkan oleh berbagai macam masalah Judi Bola. Mulai dari gas atau kembung, hingga kondisi yang lebih serius seperti radang usus atau penyakit Crohn. Nyeri perut bisa berupa kram, tumpul, intermiten, atau tajam. Nyeri lokal terbatas pada satu area perut seringkali terjadi karena masalah pada organ tertentu. Ingin tahu apa penyebab dari kondisi ini? Simak lebih lanjut dalam pembahasan berikut ini.

Penyebab Sakit Perut Bagian Tengah

Nyeri seperti kram dapat dikaitkan dengan diare, sembelit, atau perut kembung. Pada wanita, hal ini dapat dikaitkan dengan menstruasi, keguguran, atau komplikasi reproduksi.  Nyeri ini datang dan pergi, dan dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Infeksi virus, bakteri, atau parasit yang memengaruhi lambung dan usus juga dapat menyebabkan sakit perut yang signifikan.

Baca Juga : Tips Cara Memilih Skincare Sesuai Jenis Kulit Yang Kamu Miliki

Berikut ini beberapa penyebab sakit perut bagian tengah:

1. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Sakit perut terkait IBS dapat menjadi lebih buruk setelah makan atau jika sedang stres. Jika kamu mengidap IBS, kamu akan mengalami gejala seperti diare atau sembelit dan kembung, tetapi tidak menyebabkan pendarahan atau penurunan berat badan.

2. Sembelit

Kamu mungkin mengalami nyeri gas tajam yang terjadi di seluruh area perut jika sembelit adalah penyebab sakit perut bagian tengah yang kamu alami. Orang yang mengalami konstipasi atau sembelit sering merasa kembung dan begah, dan perut mereka bahkan terlihat buncit.

3. Tukak Lambung

Tukak lambung adalah luka pada lapisan perut atau bagian pertama dari usus kecil. Ini dapat menyebabkan sensasi terbakar yang mirip dengan rasa lapar. Gejala lain termasuk mual, muntah atau mulas.

4. Pankreatitis

Penyebab lainnya dari sakit perut bagian tengah adalah pankreatitis, yaitu peradangan pada pankreas. Ini merupakan nyeri hebat dan tajam yang terjadi di perut bagian tengah atas yang terkadang dapat menjalar ke punggung atau dada.

Pengidapnya juga mungkin mengalami gejala lain seperti mual, muntah, dan demam. Pankreatitis dapat terjadi sebagai serangan akut mendadak atau kondisi kronis.

5. Penyakit Crohn

Penyakit Crohn adalah salah satu jenis penyakit peradangan usus (IBD) yang bersifat kronis. Peradangan ini dapat terjadi pada bagian akhir usus halus atau pada bagian usus besar aja.

6. Radang Usus Buntu

Peradangan pada usus buntu dapat terjadi karena tersumbatnya bagian usus buntu, sehingga bakteri menumpuk di dalamnya. Pada tahap awal, gejala kondisi ini dapat berupa sakit perut bagian tengah.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sakit perut bagian tengah memiliki berbagai macam penyebab dan pilihan pengobatan. Beberapa kondisi mungkin memerlukan pembedahan. Namun, jika penyebabnya adalah tukak lambung atau infeksi, dokter akan mengatasinya dengan obat-obatan.

Jika tidak mengetahui penyebab sakit perut, penting untuk mengetahuinya, terutama jika tidak hilang dengan sendirinya. Ingatlah bahwa kasus ringan pun bisa menjadi serius.  Namun, jika sakit perut bagian tengah berhubungan dengan pencernaan, kamu dapat memulainya dengan mengobati diri sendiri dengan cara:

  • Mengistirahatkan usus. Berhenti makan, atau hanya makan makanan yang mudah dicerna seperti pisang.
  • Hidrasi. Minum banyak air.
  • Terapi panas. Cobalah kompres dengan menggunakan botol air hangat atau berendam di bak mandi.
  • Obat rumahan. Seperti licorice untuk mengatasi kembung, jahe untuk gangguan pencernaan, atau peppermint untuk membantu mengendurkan otot usus.

Anda mungkin juga suka...