Uncategorized

Hari Kesehatan Dunia Tentang Sejarah Pesan Kampanye 2024

Kalender bulan April ini memuat banyak tanggal spesial yang dinantikan loh! Selain menantikan momen Idul Fitri 1445 H ada juga tanggal khusus yang harus dinantikan oleh pekerja industri kesehatan, yaitu momentum Hari Kesehatan Sedunia yang jatuh pada 7 April 2024.

Seperti yang kita ketahui, World Health Day (WHD) atau Hari Kesehatan Sedunia punya tema yang berbeda-beda tiap tahunnya. Jika Anda penasaran dengan sejarah hari kesehatan dunia dan tema tahun ini, jangan lewatkan tulisan yang telah Gmin buat ya!

1. Hari Kesehatan Sedunia

Sejarah Hari Kesehatan Sedunia
7 April diperingati sebagai Hari Kesehatan Dunia yang bertepatan https://www.hotelcolonialmanizales.com/ dengan berdirinya organisasi WHO pada 1948, WHD sendiri mulai diperingati semenjak 1950. Organisasi WHO disusun untuk mengatur penyakit dan menetapkan kesejahteraan kesehatan seluruh masyarakat dunia. Setiap tahun hari kesehatan ini memiliki tema yang berbeda tapi tetap menyorot situasi sulit kesehatan di dunia.

Selain memperingati hari hal yang demikian, Organisasi WHO juga memperingati hari penting kesehatan lainnya secara internasional seperti Hari Tuberkulosis, Pekan Imunisasi, Hari Malaria, Hari AIDS, Hari Donor Darah, Hari Hepatitis dan Hari Tanpa Tembakau.

Tak hanya memperingati hari penting, organisasi ini juga mengingat “Tantangan Kesehatan Global” yang ada, seperti:

* Terbatasnya Masuk Kesehatan yang Berkualitas: banyak orang di negara berkembang memiliki situasi sulit dalam mengakses layanan kesehatan
* Perubahan Iklim yang Berdampak Pada Udara: polusi udara dapat menimbulkan penyakit
* Penyakit Menular dan Penyakit Tak Menular

Tujuan Peringatan Hari Kesehatan Dunia

* Meningkatkan awareness masyarakat di seluruh dunia mengenai informasi seputar kesehatan
* Mengajak masyarakat dunia ikut serta andil mencapai kesejahteraan kesehatan
* Upaya mengatasi situasi sulit kesehatan dunia
* Meningkatkan kesehatan masyarakat dunia

2. Tema Hari Kesehatan Dunia 2024

Tema
Tema Hari Kesehatan Dunia 2024 yaitu “My Health, My Right!” dan bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia memiliki arti “Kesehatanku, -ku!”. Tema hal yang demikian diangkat sebagai pengingat bahwa tiap orang tanpa terkecuali mempunyai hak menerima akses ke layanan kesehatan, pendidikan dan seluruh aspek yang berkaitan dengan keberlangsungan hidup tanpa menerima diskriminasi.

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan sebagai implementasi pemenuhan hak kesehatan yaitu dengan menetapkan bahwa Obat anda menyediakan seluruh keperluan pelanggan maupun pasien, dimana hal hal yang demikian dapat dilaksanakan bila Anda memiliki sistem pengelolaan Obat yang baik.

3. Pesan Kampanye Hari Kesehatan 2024

Pesan Utama

Kesehatan yaitu hak manusia, karenanya itu seluruh masyarakat dunia memiliki hak untuk: menerima keamanan dalam pelayanan kesehatan, kerahasiaan data pelayanan kesehatan, hak menerima perawatan dengan persetujuan, hak atas integritas dan tubuh.

Selain hal-hal hal yang demikian, masyarakat juga memiliki hak sebagai berikut:

* untuk menerima pengobatan di fasilitas kesehatan tanpa diskriminasi
* untuk memenuhi keperluan pokok: akses air bersih, gizi yang cukup, tempat tinggal yang layak, lingkungan kerja yang baik dan kebebasan dari kekerasan dan diskriminasi
* untuk memprioritaskan Kesehatan.

Anda mungkin juga suka...