Beranda Health Ketahui Fungsi Tulang Rusuk dan Gangguan yang Dapat Terjadi

Ketahui Fungsi Tulang Rusuk dan Gangguan yang Dapat Terjadi

89
0
Ketahui Fungsi Tulang Rusuk dan Gangguan yang Dapat Terjadi
Ketahui Fungsi Tulang Rusuk dan Gangguan yang Dapat Terjadi

Fungsi tulang rusuk yang paling utama adalah menjaga organ di dalam rongga dada, seperti jantung dan paru-paru. Jika tulang tersebut mengalami gangguan, misalnya patah tulang, organ-organ yang dilindunginya pun bisa ikut terdampak.

Tulang rusuk merupakan susunan tulang berbentuk melengkung dan berukuran panjang. Bagian depannya tersambung dengan tulang rawan yang akan menghubungkan tulang rusuk ke tulang dada atau sternum, sedangkan bagian belakangnya langsung menempel pada tulang belakang.

Tulang rusuk terdiri dari 12 pasang, yaitu 10 pasang tulang rusuk yang menempel pada sternum dan tulang belakang, sedangkan 2 pasang lainnya hanya menempel ke tulang belakang sehingga seolah-olah melayang.

READ  Ini Pertolongan Pertama saat Anak Sakit

Dengan bentuknya yang mengelilingi rongga dada, fungsi tulang rusuk yang utama adalah sebagai rangka yang membangun rongga dada.

Berbagai Fungsi Tulang Rusuk
Berikut ini adalah beberapa fungsi tulang rusuk yang penting bagi tubuh:

Melindungi berbagai organ di dalamnya
Fungsi tulang rusuk yang paling utama adalah melindungi rongga dada dan organ di dalamnya, seperti jantung, paru-paru, trakea, kerongkongan, serta diafragma. Beberapa organ dalam perut, seperti hati dan limpa, juga sebagian ditutupi oleh tulang rusuk.

Menjadi tempat perlekatan otot
Fungsi tulang rusuk selanjutnya adalah sebagai tempat melekatnya otot pada rongga dada, seperti otot diafragma yang membantu proses pernapasan dan semua otot interkosta yang terletak di antara setiap tulang rusuk.

READ  Ketahui Pilihan Obat Pusing dan Mual Sesuai Penyebabnya

Membantu pernapasan secara normal
Tulang rusuk juga membantu proses pernapasan bersama dengan otot-otot yang telah disebutkan sebelumnya. Ketika Anda bernapas, semua otot tersebut akan menggerakkan tulang rusuk ke atas sehingga rongga dada meluas dan paru-paru dapat mengembang.