Uncategorized

Olahraga Sepeda, Simak Regulasi Gunakan Helm dan Aksesori

Jakarta – Olahraga sepeda di jalan raya telah dikendalikan tata caranya. Termasuk regulasi memakai helm dan aksesori spakbor.

Kemenhub mengeluarkan Permenhub 59/2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan. Mengontrol tentang persyaratan, peralatan hingga regulasi pesepeda yang semestinya dipatuhi masyarakat. Ini untuk menghasilkan tertib berlalu lintas, dan menjamin keselamatan pengaplikasian sepeda di jalan.

Sepeda digolongkan menjadi dua kategori, adalah sepeda untuk kepentingan awam, dan sepeda untuk kepentingan olahraga. Kalau untuk kepentingan awam, sepeda bisa digunakan sehari-hari oleh masyarakat

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi slot depo 10k Setiyadi menyatakan, pembahasan tentang pengaplikasian helm bagi pesepeda dan spakbor di sepeda memang via pembahasan yang kompleks.

“Pembahasan tentang helm dan spakbor sepeda ini memang cukup panjang, cukup alot. Sebab helm kan melindungi keselamatan. Tapi ada pemikiran, semisal dari rumah mau ke warung, masak semestinya gunakan helm. Alhasil jadi opsional,” ujar Budi dalam paparan virtual, Rabu 23 September 2020.

Jadi, untuk pengaplikasian helm dan aksesori spakbor, ada perbedaan antara sepeda untuk olahraga dengan awam. Simak perbedaannya sebelum mengayuh sepeda di jalur.

Helm Sepatutnya untuk Olahraga

Sepeda yang bertujuan untuk olahraga, pengaplikasian helm menjadi semestinya bagi pesepeda. Sedangkan untuk sepeda awam, pesepeda tidak semestinya memakai helm.

“Untuk pesepeda sport, helm semestinya. Kalau pesepeda awam agar lebih safety, bisa memakai helm, opsional, tetapi seandainya memakai, ya itu lebih baik,” kata Budi.

Spakbor

Sedangkan untuk aksesori spakbor, justru kebalikannya. Sepeda untuk tujuan olahraga, pengaplikasian aksesori spakbor menjadi opsional. Tapi untuk sepeda awam, semestinya memakai spakbor.

“Sebaliknya untuk spakbor, seandainya pesepeda awam semestinya gunakan, meski pesepeda olahraga boleh tidak gunakan,” ujar Budi.

Dalam Permenhub 59/2020 diceritakan, pengaplikasian spakbor dikecualikan untuk tipe sepeda balap, sepeda gunung, dan tipe sepeda lain.

Anda mungkin juga suka...