Beranda Health Penyebab dan Gejala Gagal Ginjal, Waspada!

Penyebab dan Gejala Gagal Ginjal, Waspada!

110
0
Penyebab dan Gejala Gagal Ginjal, Waspada!
Penyebab dan Gejala Gagal Ginjal, Waspada!

Gagal ginjal adalah salah satu penyakit ginjal yang cukup parah karena merupakan tahap akhir dari penyakit ginjal, di mana kerusakan pada ginjal sudah cukup berat atau berlangsung lama.

Kondisi ini menyebabkan penurunan fungsi ginjal sehingga pembersihan dan penyaringan kotoran atau racun dari darah menjadi menjadi terganggu.

Umumnya penyakit gagal ginjal dibagi menjadi dua jenis, yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Sebelum terlambat, ketahui penyebab dan gejala dari penyakit dengan menyimak artikel berikut!

Penyebab Gagal Ginjal

READ  Inilah Berbagai Penyebab Kanker Mulut

Penyakit ginjal bisa disebabkan oleh banyak hal, tergantung pada jenisnya. Namun, mayoritas gagal ginjal akut terjadi karena kurangnya aliran darah ke ginjal. Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan gagal ginjal:

  1. Volume Darah yang Rendah

Kurangnya aliran darah ke ginjal secara tiba-tiba bisa menyebabkan gagal ginjal akut. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk dehidrasi berat, pendarahan, shock, serangan jantung, alergi, luka bakar yang parah, infeksi berat, hipertensi, dan mengkonsumsi obat anti inflamasi.

  1. Gangguan pada Saluran Kemih
READ  Ketahui Obat Penurun Darah Tinggi Medis dan Alami di Sini

Gangguan pada saluran kemih, seperti tersumbat, batu ginjal, pembesaran prostat, dan terdapatnya gumpalan darah pada saluran kemih dapat menyebabkan racun untuk menumpuk di ginjal sehingga membebani ginjal.

Selain itu, beberapa jenis kanker juga dapat memblokir saluran urin, seperti kanker prostat, kanker usus besar, kanker kandung kemih, dan kanker serviks.

  1. Memiliki Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyebab yang paling umum dari penyakit gagal ginjal. Jika seorang penderita diabetes tidak mengurangi masuknya kadar gula darah, maka hal tersebut dapat merusak organ tubuh, terutama ginjal.